mEjug6nr23kA9Kx4RKoGjGkgW8m28l6BS70Jo2uW
Bookmark

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Infolokerlampung.Net - Wawancara adalah tahap kunci dalam proses seleksi pekerjaan. Nah selamat Buat kalian yang sudah bisa mencapai tahapan sampai ke wawancara.  Karna Kita ketahui bersama untuk mendapatkan kesempatan Wawancara itu sangatlah sulit, jadi bagi kalian yang mendapatkan kesempatan di wawacara haruslah benar-benar menyiapkan mental, dan jawaban yang akan kalian dapatkan saat wawancara.  Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian siapkan untuk menghadapi Wawancara kerja:

Lakukan Penelitian Tentang Perusahaan Tempat anda Melamar
Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan tempat Anda melamar, termasuk nilai-nilai, budaya, produk atau layanan, dan berita terkini. Informasi ini akan membantu Anda memberikan jawaban yang lebih terfokus dan menunjukkan komitmen Anda terhadap perusahaan.


Pahami Posisi yang Anda lamar
Pelajari detail pekerjaan dan persyaratan yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Persiapkan jawaban yang menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan kebutuhan posisi tersebut.



Lakukan Latihan Pertanyaan Umum
Persiapkan diri dengan merinci jawaban untuk pertanyaan umum wawancara seperti "ceritakan tentang diri Anda," "apa kelebihan dan kelemahan Anda," dan "mengapa Anda cocok untuk posisi ini." Latihan ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.



Kemampuan Berkomunikasi
Fokus pada kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal. Berbicara dengan jelas, mempertahankan kontak mata, dan menjawab pertanyaan secara singkat namun informatif dapat menciptakan kesan positif.



Cerita Sukses
Persiapkan cerita atau contoh konkret dari pengalaman kerja Anda yang menunjukkan pencapaian dan kemampuan Anda. Cerita ini dapat memberikan bukti konkret tentang keterampilan dan kontribusi Anda.



Pertanyaan yang Tepat
Persiapkan pertanyaan yang menunjukkan minat Anda terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar. Hal ini juga dapat membantu Anda memahami lebih dalam tentang perusahaan dan apakah itu cocok untuk Anda.



Pakaian yang Sesuai:
Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan standar industri. Penampilan yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan positif.



Puncak Prestasi dan Keterampilan
Fokus pada puncak prestasi dan keterampilan kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar. Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi secara positif.



Berbicara Tentang Pengalaman Kerja Sebelumnya
Jelaskan pengalaman kerja sebelumnya dengan positif. Hindari berbicara negatif tentang mantan atasan atau kolega, meskipun Anda menghadapi situasi sulit.



Sikap Positif dan Percaya Diri
Tampilkan sikap positif dan percaya diri. Ini menciptakan kesan bahwa Anda adalah orang yang energik dan dapat diandalkan.



Follow-up
Setelah wawancara, kirimkan catatan terima kasih kepada pewawancara sebagai tanda penghargaan atas kesempatan wawancara. Ini juga dapat meningkatkan kesan Anda.



Selalu berikan jawaban yang jujur dan autentik. Penting untuk menjadi diri sendiri sambil menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. 

Nah Pengalaman mimin beberapa kali wawancara, Malah ketemu dengan HRD yang malah ngajak ngobrol Biasa, nah kalian juga harus persiapkan kemungkinan disela sela ngobrol tersebut muncul pertanyaan-pertanyaan misalnya, terkait Budaya Kerja, Profesionalitas, keberagaman, toleransi dll
Post a Comment

Post a Comment

Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan